ABL 2018-19: Bank BTN CLS Knights Taklukkan Tuan Rumah Saigon Heat

Namun pada pertemuan ketiganya sore tadi, Minggu (24/2), CLS Knights akhirnya mampu menyudahi perlawanan Saigon Heat 81-79 di markas mereka di CIS Arena, Ho Chin Minh City, Vietnam. [FOTO: CLS KNIGHTS PR]

HO CHI MINH CITY – SportsChannelIndonesia – Bank BTN CLS Knights akhirnya mengakhiri mimpi buruknya kala bertemu dengan Saigon Heat di ASEAN Basketball League (ABL) musim 2018-2019. Penyebabnya adalah dua kekalahan beruntun yang mereka derita atas tim asal Vietnam tersebut. Namun pada pertemuan ketiganya sore tadi, Minggu (24/2), CLS Knights akhirnya mampu menyudahi perlawanan Saigon Heat 81-79 di markas mereka di CIS Arena, Ho Chin Minh City, Vietnam.

Game ini layaknya roller coaster untuk skuad Brian Rowsow. CLS Knights sempat unggul 17-8 di pertengahan kuarter pertama. Petaka justru terjadi memasuki menit akhir kuarter usai.

Kesalahan yang di buat para pemain CLS Knights menyebabkan tuan rumah dapat menyusul dan berbalik unggul dengan selisih enam angka (25-19). Pada 10 menit berikutnya CLS Knights masih berada dalam tekanan Saigon Heat yang bertumpu kepada dua pemain asingnya Trevon Hughes dan Murphy Burnatowski yang bertindak sebagai kapten tim.

Hingga dua kuarter awal, Burnatowski berhasil membawa timnya unggul sementara dengan selisih 12 poin (52-40). Burnatowski pun mampu mencetak 14 angka, sementara rekannya Trevon Hughes membuntuti dengan raihan 12 poin.

Kalah di dua kuarter awal, CLS Knights segera bangkit dan memberikan perlawanan hebat pada kuarter ketiga dan keempat. Maxie Esho yang di dua kuarter awal masih tumpul dengan raihan sembilan poin, akhirnya tanpa ampun mengeluarkan kemampuan terbaik.

Selama hampir 39 menit, Esho akhirnya menjadi pendulang angka terbanyak. Pada game ini ia mengemas 28 poin dan sembilan rebound. Bahkan di kuarter ketiga ia mampu membuat tiga kali tembakan 3-pts untuk melengkapi empat kali total yang dicetak.

Namun tidak hanya Esho yang tampil trengginas dipertandingan ini. Big man CLS Knights, Darryl Watkins juga berperan besar. Ia mencetak double-double 18 poin dan 15 rebound. Dua pemain lainnya juga yang berhasil mencetak dobel digit, yakni Wong Wei Long (13) dan Douglas Herring Jr (12).

Pemain tuan rumah De Angelo Hamilton dan Trevon Hughes menjadi topskor Heat. Hamilton mencetak 22 poin sedangkan Hughes 18.

Pada game ini CLS Knights mampu membuat total 10 kali tembakan tiga angka dari 21 percobaan (47%) sementara Saigon hanya 6/28 (21%). Mereka juga unggul dalam urusan field goal 32/61 (51%) sedangkan lawannya 32/72 (44%). Meski mampu menang, Brian Rowsom mengkritisi penampilan timnya yang di nilainya belum konsisten saat menghadapi tekanan.

Bahkan seperti pada kuarter pertama, CLS Knights hampir saja tersusul pada kuarter akhir. Untungnya mereka mampu mengamankan situasi di detik-detik akhir jelang pertandingan usai, sehingga Maxie Esho dan rekan-rekannya mampu mengemas 11 kali total kemenangan dari 21 penampilan mereka.

‚ÄúPertandingan tadi seperti roller coaster. Kami sempat bagus di kuarter pertama hingga pertengahan tapi tidak konsisten di menit akhir. Masih terlalu banyak turnovers,” kata Brian Rowsom.

“Di kuarter ketiga kami bisa bangkit dan memperbaiki pertahanan kami. Esho dan Watkins juga berperan besar di game ini, meski mereka terlambat panas di dua kuarter awal. Tembakan tiga angka Esho memberikan tekanan kepada lawan,” ucap Rowsom. eko widodo

“Demikian juga dengan rebound Watkins. Tapi para pemain lainnya juga memberikan kontribusi yang signifikan. Kami akan terus meraih kemenangan, termasuk saat menghadapi Singapore Slingers nanti di kandang, Rabu (27/2),” ujar Rowsom. Eko Widodo

Author: Eko Widodo

Pernah bekerja di Tabloid BOLA selama lebih dari 20 tahun. Berpengalaman dalam dunia jurnalistik olahraga dan liputan olahraga internasional ke lima benua selama lebih dari 20 tahun. Memilik gelar akademik STP dalam bidang Teknologi Pertanian; MM dalam Manajemen Pemasaran; dan Ph.D. dalam bidang pendidikan olahraga.

Share this post

Eko Widodo1280 Posts

Pernah bekerja di Tabloid BOLA selama lebih dari 20 tahun. Berpengalaman dalam dunia jurnalistik olahraga dan liputan olahraga internasional ke lima benua selama lebih dari 20 tahun. Memilik gelar akademik STP dalam bidang Teknologi Pertanian; MM dalam Manajemen Pemasaran; dan Ph.D. dalam bidang pendidikan olahraga.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password