breaking news New

Akademi Pelatih Jr. NBA di Jakarta Dipenuhi Peminat

Antusiasme tinggi para guru dan pelatih basket se Jakarta dalam pembukaan Akademi Kepelatihan NBA Jr di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (22/1). [foto: Eko Widodo/SCI]

JAKARTA – SportsChannelIndonesia – Program Akademi Pelatih Jr. NBA tahun 2019 resmi dibuka pada Selasa (22/1) di GOR Ciracas, Jakarta Timur. Program ini diikuti lebih dari 1.800 pelatih dan guru olahraga dari seluruh Jakarta di workshop hari pertama.

Program ini akan berlangsung selama tiga hari 22-24 Januari 2019. Akademi Pelatih Jr. NBA tidak hanya memberikan pendidikan olahraga basket tetapi juga meliputi pelatihan lapangan, penguatan, dan pengkondisian tubuh.

Gubernur DKI, Anies Baswedan, membuka pelatihan Selasa (22/1). Pembukaan dilakukan secara simbolis dari Anies dengan memasukkan bola dari daerah free throw.

Akademi Pelatih Jr. NBA merupakan bentuk kerjasama National Basketball Association (NBA) dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Program ini bertujuan untuk semakin mengembangkan olahraga basket lokal melalui pelatihan lapangan, penguatan, dan pengkondisian tubuh, serta pendidikan basket bagi guru-guru olahraga.

“Saya menyambut kegiatan Jr. NBA Coaches Academy sangat baik. Seorang pendidik bagi siswa memiliki 4 tahapan: mengajar, mendidik, menginspirasi, dan menggerakkan. Saya harap guru-guru yang hadir di Akademi Pelatih Jr. NBA sampai di tahap yang mampu menggerakkan murid-muridnya agar menjadi lebih baik,” ungkap Anies Baswedan, dalam sambutannya.

“Saya juga berharap melalui program ini, para guru dan pelatih tidak hanya menerima materi dari aspek teknis saja. Namun, namun juga berharap mereka menerima manfaat, bagaimana membangkitkan semangat, serta membangun komunikasi dengan siswa. Dari semangat itu akan tumbuh murid-murid Indonesia yang mampu menjadi pemain basket nasional dan internasional,” ucap Anies.

“Saat anak didik Anda memiliki prestasi di bola basket, Anda akan menemukan sidik jari mereka di prestasi mereka,” ucap Anies.

Peserta Akademi Pelatih Jr. NBA akan menerima pembekalan agar dapat mendorong dan memfasilitasi partisipasi para muridnya. Mereka dibekali panduan pelatihan dengan kurikulum program di sekolah dan ekstrakurikuler, akses terhadap sumber online di website Jr. NBA, dan peralatan pelatihan dasar.

Suparman, guru sekolah dasar di kawasan Petamburan mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat baginya. “Saya tidak memiliki skill basket. Namun, saya ingin bisa melatih. Maka saya ikut kegiatan ini tahun lalu. Hasilnya memang luar biasa. Namun, karena keterbatasan skill saya akan sarankan kepada pebasket yang potensial untuk melanjutkan ke klub,” ucap Suparman yang tinggal di daerah Cikampek, Jawa Barat.

“Kami sangat bersemangat dan berkomitmen untuk mengembangkan olahraga basket di Indonesia. Peran pelatih dan guru-guru olahraga dalam mengasah para pemain basket generasi selanjutnya sangatlah penting,” ucap Jim Wong, Associate Vice President, Marketing Partnerships NBA Asia, pada sambutannya.

“Program Akademi Pelatih Jr. NBA menjadi sarana untuk memperkenalkan olahraga basket kepada ratusan dan ribuan guru olahraga di Indonesia. Kami berkomitmen mengembangkan generasi muda guna memberikan dampak positif kepada lebih banyak anak-anak laki-laki dan perempuan di Indonesia,” ucap Jim Wong.

Hari pertama diisi dengan materi ice breaking dan latihan dasar-dasar bermain basket. Eko Widodo

Author: Eko Widodo

Pernah bekerja di Tabloid BOLA selama lebih dari 20 tahun. Berpengalaman dalam dunia jurnalistik olahraga dan liputan olahraga internasional ke lima benua selama lebih dari 20 tahun. Memilik gelar akademik STP dalam bidang Teknologi Pertanian; MM dalam Manajemen Pemasaran; dan Ph.D. dalam bidang pendidikan olahraga.

Share this post

Eko Widodo1020 Posts

Pernah bekerja di Tabloid BOLA selama lebih dari 20 tahun. Berpengalaman dalam dunia jurnalistik olahraga dan liputan olahraga internasional ke lima benua selama lebih dari 20 tahun. Memilik gelar akademik STP dalam bidang Teknologi Pertanian; MM dalam Manajemen Pemasaran; dan Ph.D. dalam bidang pendidikan olahraga.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password