Plaza Kemang 88 Lt. 2 Unit 2B DKI Jakarta, Indonesia   sportschannelindonesia@gmail.com   +62 21 7193387 +62 82123848781
NEWS
Catatan Olahraga Eko Widodo: Keajaiban Amira dan Impian ke Olimpiade
PERNAHKAH mendengar nama Amira Willighagen. Saya menemukannya tidak sengaja di YouTube. Amira seorang penyanyi soprano kelahiran Belanda.

Ia memenangi kontes talenta Belanda (Holland's Got Talent) 2013 pada usia 9 tahun. Amira kelahiran Nijmegen, 27 Maret 2004. Amira memenangi kontes pada 28 Desember 2013 menyisihkan Reality (kedua) dan Opa Piet (ketiga). 

Saya tertarik saat performa pertama Amira, yang sekarang ngetop itu. Ia menyanyikan lagu opera O Mio Babbino Caro. Kalau Anda penggemar film layar lebar Mr. Bean, lagu itu dilantunkan saat Mr. Bean bermain opera jalanan dalam film Mr Beans Holiday (2007).



Tiga juri Gordon Heuckeroth, Dan Karaty, dan Chantal Janzen dibuat terpesona pada penampilan perdana. Gordon adalah penyanyi R&B, Karaty adalah koreografer, aktor, dan produser. Sedangkan Chantal, adalah presenter dan aktris musik. 

Usai melantunkan O Mio Babbino Caro (Oh My Beloved Father) yang dipopulerkan soprano Giacomo Puccini pada opera Gianni Schicchi (1918), Gordon, Chantal, dan Karaty terpesona. Gordon malah bermimpi ingin punya anak seperti Amira. 

Apa impianmu Amira? tanya Chantal.


Amira di album pertamanya yang mencapai level Gold dalam hanya 2 pekan saja.

Dengan lugas, Amira menjawab bahwa ia ingin terus menyanyi. Jika tidak bisa menyanyi, saya ingin tampil di Olimpiade (membela Belanda) sebagai atlet. Penonton pun riuh bertepuk tangan untuk si anak yang mendapatkan Golden Ticket di acara itu. Ia pun jadi juara di acara grand final. 

*** 

Saya melihat video itu berkali-kali. Dan, Amira ternyata konsisten mengejar mimpi pertamanya sebagai seorang penyanyi seriosa. Langkah pertamanya adalah membuat album perdana berjudul Amira yang berisi lagu-lagu yang ia lantunkan di Hollands Got Talent. Hanya perlu dua minggu album Amira yang menggandeng label Masterworks untuk pemasaran album itu menjadi status Gold. 

Nama Willighagen pun meroket. Ia tampil dalam Andre Rieu orkes Johann Strauss Orchestra di Maastricht. Penampilan perdana Amira di panggung internasional terjadi pada 2014 saat di Somerset West di Afrika Selatan. Ia bernyanyi duet bersama penyanyi Italia, Patrizio Buane yang terkenal lewat lagu Il Mondo. Bersama Buane, mereka melantunkan lagu O Sole Mio

Album kedua Amira bertema Natal dengan judul Merry Christmas. Sebagai anak yang berusia sekitar 9-10, Amira memang seksi jika dieksploitasi bakatnya. Namun, undang-undang perlindungan anak dan tenaga kerja Belanda, hanya membatasi ia boleh 12 kali tampil dalam setahun. 

Di sela-sela keberhasilannya meraup uang, Amira membuat project sosial dengan membangun playground untuk anak-anak tidak mampu. Project pertamanya dibangun di Ikageng (Afrika Selatan). Playground kedua yang dibangunnya juga di Ikageng, diresmikan pada Agustus tahun lalu. 


Putri Ayu Silaen (Wikipedia)

Amira memang tampaknya tidak akan menjadi Olimpian seperti yang ia katakan pada 2013. Kariernya di tarik suara sangat sayang jika ditinggalkan. Namun, ketika suaranya semakin matang, impiannya tampil di Olimpiade tinggal menunggu waktu. 

Tidak menjadi atlet pun bukan masalah. Namun, seorang anak berusia 9 tahun (pada 2013) bisa bercita-cita berkarier di olahraga, itu adalah luar biasa. Apalagi, kemampuannya bernyanyi seriosa adalah hasil latihan otodidak dari Youtube, yang ia lakukan saat berusia 8 tahun.

Ngomong-ngomong Indonesia pernah punya penyanyi muda seriosa, Putri Ayu Silaen. Apa mungkin ya Putri Ayu tampil di ajang Asian Games 2018 menyanyikan lagu tema? Ia memiliki kemampuan mirip-mirip Amira.