Plaza Kemang 88 Lt. 2 Unit 2B DKI Jakarta, Indonesia   sportschannelindonesia@gmail.com   +62 21 7193387 +62 82123848781
NEWS
Elly Pical Kena Serangan Jantung, Disarankan Kurangi Dulu Olahraga
JAKARTA - SportsChannelIndonesia - Petinju Ellyas Pical sontak menarik perhatian di akhir pekan lalu. Petinju yang pernah menjuarai IBF kelas bantam junior pada 1985, terkena serangan jantung. Sempat dua hari setelah serangan ia baru masuk rumah sakit, Elly akhirnya mendapatkan kunjungan Menpora Imam Nahrawi, Sabtu (18/2).

Elly mengeluh sakit pada Selasa (14/2) namun baru dibawa ke rumah sakit dua hari kemudian. Ia mendapat perawatan di rumah sakit kawasan Serpong. Tapi atas inisiatif keluarga, perawatan Elly dipindah ke rumah sakit Harapan Kita.

"Saya sudah datang ke rumah sakit dan melihat sendiri Bung Elly. Kondisinya membaik walaupun ia masih di ruangan Intensif (ICU)," ucap Azhari Nasution, wartawan senior yang juga Humas Satlak Prima dalam acara Dialog Olahraga di Sports Channel Indonesia (SCI), Jumat (17/2).

"Sempat mengeluh namun menolak dibawa ke rumah sakit. Akhinya ia sekarang di Rumah Sakit Harapan Kita," tambah Azhari.


Elly Pical di rumah sakit jantung Harapan Kita Jakarta.

Elly Pical merebut gelar juara IBF kelas bantam junior (atau kelas super terbang) dari petinju Korea Ju Do-chun di Jakarta pada 3 Mei 1985. Setelah mempertahankan gelar melawan petinju Australia, Wayne Mulholland, 25 Agustus 1985, Pical harus mengakui keunggulan petinju Republik Dominika, Cesar Polanco dengan angka di Jakarta. Namun Pical mampu bangkit dan membalas kekalahannya atas Polanco dengan balik memukul KO Polanco pada pertandingan kedua di Jakarta, 5 Juli 1986.

Semangat diberikan Menpora Imam Nahrawi kepada legenda tinju Indonesia Ellyas Pical yang menderita sakit jantung di Rumah Sakit Harapan Kita lantai 2 diruang intensif kamar no 14, Jakarta Barat, Sabtu (18/2) sore. Menpora berpesan kepada mantan petinju yang berjaya di era 80 an agar lebih banyak menjaga kesehatan di usia yang sudah tua.

"Saya sudah melihat kondisinya. Saya ajak ngobrol agar semangat. Bung Ellyas semakin baik setelah di kasih 'ring' (stent)," ucap Menpora, kemarin.

"Tensinya sudah mulai turun dari 180/79  menjadi 158/79. Saran dokter tadi lebih banyak istirahat. Sekarang ini kondisinnya tinggal pemulihan saja. Bung Ellyas terasa lebih enak dibandingkan pertama kali masuk RS," ucap Menpora.


Elly Pical, kondisinya membaik setelah tindakan pemasangan stent (ring).

"Bahkan saat saya tanya sama susterya dari angka 10 sampai angka 1 ternyata sudah di angka 7 berarti sudah ada perbaikan. Berkaitan dengan bantuan, sudah di kordinasikan. Menkes juga sangat membantu sekali. Dan Ellyas juga mengunakan BPJS. Jadi saya kira tidak masalah," tambah Menpora.

"Saya berharap, agar Bung Ellyas selalu menjaga kesehatan. Boleh semangat olahraga tapi harus dibatasi. Sebelum sakit Bung Ellyas terlalu semangat main tenis meja bahkan sampai beberapa set. Ini mungkin karena sudah usia juga jadi sakit. Sekarang ini agak dikurangi olahraganya," tambahnya.

Cepat sembuh, Bung Elly! Eko Widodo