Plaza Kemang 88 Lt. 2 Unit 2B DKI Jakarta, Indonesia   sportschannelindonesia@gmail.com   +62 21 7193387 +62 82123848781
NEWS
Kejuaraan Balap Sepeda Asia 2017: Sempat Demam, Angel Naik Podium, Indonesia Raih Medali
BAHRAIN - SportsChannelIndonesia - Liontin Evangelina Setiawan melawan semua rintangan dan memberi Indonesia medali pertama di Kejuaraan Balap Sepeda Asia 2017. Ia berhasil meraih medali setelah finis di posisi tiga pada nomor Individual Time Trial putri junior, Minggu (26/2), di Bahrain.

Dengan catatan waktu 19 menit 50,28 detik, Angel berada di belakang juara Kang Qiao asal China dan peringkat dua Marina Kurnossova dari Kazakhstan.

Sehari sebelum lomba, putri dari pasangan mantan atlet balap sepeda nasional Henry Setiawan dan Nurhayati menderita demam. Untungnya, hal tersebut bisa diatasi oleh ofisial tim dan Angel bisa pulih untuk berlomba, kata manajer tim Budi Saputra.


Liontin Evangelina Setiawan, membuat bendera Merah Putih berkibar di Bahrain. (Foto; PB ISSI)

Hasil yang luar biasa dan sebenarnya sejak awal kami sudah prediksi Angel akan mendapat nomor di lomba ini. Saat latihan, Angel sudah mencapai kecepatan 41 km/jam, sementara juara tahun lalu memiliki kecepatan 40 km/jam. Dan ternyata, prediksi kami benar, ujar Budi.

Dia mengatakan lagi bahwa Angel tampil sangat fokus dalam balapan tersebut berkat motivasi yang diberikan tim pelatih.

Sebelum berlomba, Angel mendapat suntikan motivasi dari pelatih Robby Yahya dan Samai yang juga pernah mengharumkan nama Indonesia di kejuaraan Asia. Hal itu membuat Angel makin percaya diri, ucap Budi.

Start di urutan ketiga di belakang atlet Bahrain dan Malaysia, atlet berusia 17 tahun ini menunjukkan kekuatan kayuhannya. Pada pertengahan lomba, Angel berhasil menyusul atlet Bahrain dan Malaysia yang start lebih dulu. Menjelang 3 kilometer terakhir, Angel makin mempercepat kayuhannya.

Setelah lomba, tim dari negara lain juga tidak percaya jika Indonesia bisa naik podium. Mereka baru percaya saat Angel dipanggil oleh petugas doping untuk tes doping, kata Budi lagi.

Pada hari ketiga, Senin (27/2), Tim Indonesia akan menurunkan Elan Riyadi di nomor Individual Time Trial Mens Elite. Persaingan di nomor ini terbilang ketat karena negara kuat Asia, seperti Jepang, Hong Kong, dan Korea Selatan, menurunkan tim terbaiknya. (*/eko)