Plaza Kemang 88 Lt. 2 Unit 2B DKI Jakarta, Indonesia   sportschannelindonesia@gmail.com   +62 21 7193387 +62 82123848781
NEWS
Komitmen dan Kontribusi Panjang, DBL Lahirkan Prestasi Nasional
JAKARTA, - SportsChannelIndonesia - Honda Developmental Basketball League (DBL) memasuki tahun kesepuluh sejak kali pertama menyebar ke berbagai penjuru di Indonesia. Komitmen tinggi serta konsistensi PT Deteksi Basket Lintas (DBL) Indonesia membuat liga pelajar terheboh ini bertumbuh setiap tahunnya. Menumbuhkan kepercayaan partner dan stakeholder.

Komitmen dan kontribusi yang begitu panjang serta konsisten, juga ditunjukkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) sebagai partner utama. Kerjasama multi-year yang dimulai sejak 2008, telah membawa liga yang sebelumnya sukses di Jawa Timur, berkembang ke 25 kota di 22 provinsi Indonesia. Dari Aceh hingga Papua.
Di Indonesia, belum pernah ada  program pengembangan basket sebesar Honda DBL. Untuk kali pertama, ada standar kompetisi SMA yang sama dan konsisten di berbagai wilayah di Indonesia. Mengusung konsep student-athlete, performa di sekolah sama pentingnya -bahkan mungkin lebih penting- dari performa di lapangan.

Tidak pernah terbayangkan, DBL dan Astra Honda Motor telah bersama selama satu dekade. Rasanya tidak ada program olahraga se-massive ini memiliki partner utama selama ini. Untuk memberi gambaran betapa panjangnya, ketika kali pertama bekerja sama, anak pertama saya belum dilahirkan. Mungkin benar, segala sesuatu yang diawali dengan tujuan baik akan berlangsung lebih langgeng. Tujuan kami sama, demi kebaikan anak muda Indonesia, kata Azrul Ananda, presiden direktur DBL Indonesia, beberapa waktu lalu di Jakarta.
Ketika DBL mulai berkembang, sponsor rokok marak di dunia olahraga. Sejak awal, DBL Indonesia punya komitmen tidak akan menerima sponsor rokok. Hadirlah AHM sebagai partner, dengan visi yang sama dengan DBL.

Hubungan antara DBL dan motor Honda malah sebenarnya sudah bermula pada 2007. Kala itu, DBL masih terbatas di Jawa Timur, dan mendapat dukungan dari MPM Motor, main dealer Honda di provinsi tersebut. Baru tahun berikutnya, ketika DBL melakukan ekspansi nasional, AHM menjadi mitra utama. Honda DBL pun menjadi ajang olahraga terbesar di Indonesia setelah liga sepak bola nasional.

"Kami sadar masa depan bangsa kita bertumpu pada generasi muda yang cerdas dan berprestasi. Dengan mengusung semangat One Heart atau Satu Hati, kami ingin Honda DBL dapat terus menjadi kompetisi basket remaja yang mengantarkan pebasket-pebasket muda Indonesia mewujudkan mimpinya untuk mencetak prestasi di ajang basket yang lebih tinggi nantinya," ungkap Agustinus Indraputra, General Manager Marketing Planning & Analisys Division Astra Honda Motor.

Setiap tahun, sejak 2008, puluhan ribu pemain dari hampir seluruh provinsi di Indonesia berkiprah di Honda DBL. Melewati proses kompetisi SMA dan beberapa jenjang seleksi, mengerucut jadi 24 pemain (12 putra, 12 putri) yang terpilih masuk tim Honda DBL Indonesia  All-Star. Student-athlete terbaik Indonesia inilah yang setiap tahunnya dikirim ke Amerika Serikat untuk dilatih oleh pemain NBA dan atlet kelas dunia.



Sebagian besar dari anak-anak itu kini telah tumbuh dewasa. Ada sejumlah individual yang menorehkan catatan istimewa. Diantaranya  Rivaldo Tandra Pengesthio dan Yuni Anggraeni. Rivaldo adalah alumnus DBL All-Star tahun 2012 dan 2013 serta sekarang dinobatkan oleh FIBA sebagai pemain 3X3 peringkat pertama di Indonesia.

Mengikuti Honda DBL menjadi turning point buat saya. Ketika All-Star 2013, kami bermain di lapangan Sacramento Kings di Sleep Train Arena. Sejarah buat Indonesia, pertama kalinya DBL bermain di lapangan NBA, ujar Rivaldo yang kini sedang mengenyam pendidikan di Universitas Pelita Harapan.

Prestasi yang tidak kalah menawan juga ditunjukkan Yuni Anggraeni. Alumnus DBL All-Star 2010 ini tergabung dalam Tim Nasional Basket Putri Indonesia di SEA Games 2015 yang berhasil menyabet medali perak. Sebuah catatan fenomenal dalam sejarah basket Indonesia, mengulang kejayaan 24 tahun silam di ajang yang sama.
Pengaruh Honda DBL sangat besar untuk memajukan basket Indonesia. Menciptakan nama-nama baru buat Indonesia, kata Yuni yang juga punggawa klub basket profesional wanita, Sahabat Semarang.

Komitmen panjang kerjasama antara DBL Indonesia dan AHM ini tidak hanya melahirkan catatan luar biasa dalam basket Indonesia. Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) pun memberikan apresiasi kepada DBL Indonesia dan AHM sebagai pemegang rekor Kerjasama Berkesinambungan Terlama antara Penyelenggara dan Sponsor Utama dalam Penyelenggaraan Kejuaraan Olahraga Nasional.

Tidak hanya menyajikan ketatnya persaingan dan kompetisi basket, Honda DBL juga semakin semarak dengan kehadiran UBS Gold Dance Competition, Antangin JRG Fans Competition, serta berbagai supporting-event lainnya. (*/eko)