Plaza Kemang 88 Lt. 2 Unit 2B DKI Jakarta, Indonesia   sportschannelindonesia@gmail.com   +62 21 7193387 +62 82123848781
NEWS
SEA Games 2017: Rimau, Si Maskot Menggemaskan dan Dinamis
Maskot adalah bagian penting dalam pergelaran multievent seperti SEA Games, Asian Games, atau Olimpiade. Setiap negara penyelenggara selalu bersiap serius, bahkan sampai dilombakan, untuk menemukan si Maskot. Pada SEA Games 2017 di Malaysia, 19-30 Agustus.

Khusus penyelenggaraan SEA Games di Malaysia, berdekatan dengan Ulang Tahun Kemerdekaan Malaysia ke-60, maskot pun dipilih istimewa. Khusus untuk pergelaran Kuala Lumpur 2017, Malaysia memilih Rimau sebagai maskot.

"Maskot kami diinspirasi oleh Harimau Malaya yang anggun namun kuat. Rimau adalah identik dengan satwa yang ramah, bersahabat, kompetitif, dan atletis. Yang tidak kalah penting, Rimau adalah benar-benar atlet," demikian bunyi penjelasan di website resmi KualaLumpur 2017.

Ada lima pesan yang dibawa Rimau. Rimau identik dengan sikap respek, integritas, selalu bergerak, perilaku, dan kesatuan (unity).



Respek (Respect) berkaitan dengan sikap kita yang menghomati lawan, wasit, dan fan. Sikap itu untuk menegakkan kebajikan dari semangat Olimpiade.

Perilaku (Attitude) berhubungan dengan nilai-nilai berpikir positif, sportif, dan persahabatan. Berkompetisi bertujuan menang, namun menang dengan terhormat.

Integritas (Integrity) adalah respek pada kode etik pesta olahraga (SEA Games) dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Kesatuan (Unity) berkaitan dengan berpartisipasi sebagai salah satu yang merayakan semangat sejati Olimpiade.

Selalu Bergerak (Move) terhubung dengan semangat Olimpik citius, altius, fortius. Lebih cepat, lebih tinggi, lebih kuat. Dorong batas (limit) dan hancurkan hambatan baru.

Rimau bukanlah satu-satunya maskot di SEA Games. Penggunaan maskot dilakukan sejak tahun 1985. Wichien-maat (sejenis kucing Siam) menjadi maskot pada SEA Games 1985 di Bangkok, Thailand. Lihat tabel maskot sejak 1985 (sumber: Wikipedia).

DAFTAR MASKOT SEA GAMES SEJAK 1985