Plaza Kemang 88 Lt. 2 Unit 2B DKI Jakarta, Indonesia   sportschannelindonesia@gmail.com   +62 21 7193387 +62 82123848781
NEWS
AFF U-18: Indonesia Tampil Istimewa, Thailand Kembali Juara

JAKARTA - SportsChannelIndonesia - Tim nasional muda Indonesia tampil sangat istimewa ketika Minggu (17/9) sore di Yangon, Myanmar, menundukkan timnas tuan rumah dengan skor telak 7-1 (3-0) untuk merebut trofi perunggu turnamen Piala AFF U-18 edisi ke-14.

Dua penyerang Egy Maulana Vikiri dan Muhamad Rafly, serta gelandang Hanis Saghara sama-sama mencetak dua gol, dan sebuah gol lainnya dibuat oleh gelandang Witan Suleman.

Bagi Egy, yang gaya permainannya mengingatkan penonton kepada striker klub Barcelona, Lionel Messi, itu merupakan gol nomor tujuh dan delapan sehingga menempatkannya sebagai “top-scorer” (pencetak gol terbanyak) dalam turnamen yang diikuti sebelas negara Asia Tenggara itu.

Ditangani pelatih Indra Sjafri, timnas muda Gaurda kemarin juga patut diacungi jempol karena terus menampilkan permainan menyerang. “Itu identitas sepakbola kita,” kata Indra yang pada turnamen edisi 2013 mengantar pasukannya merebut gelar juara.

Indra kini tampaknya juga sangat puas dengan hasil perjuangan anak-anak binaannya karena mereka tetap sportif dan tidak emosional, satu hal yang menurutnya telah merugikan diri sendiri ketika berhadapan dengan Thailand di semfinal.

Dalam partai sengit yang dimenangi Thailand 3-2 lewat adu penalti itu gelandang Sadli Ramadhani terkena kartu merah karena bereaksi kasar terhadap gangguan fisik seorang pemain lawan. Hebatnya, dengan sepuluh pemain Indonesia masih mampu bermain menyerang dan menyudahi pertandingann dengan skor imbang tanpa gol.

Sebaliknya, partai perebutan peringkat ketiga Minggu sore menunjukkan dengan jelas emosi dan frustrasi para pemain Myanmar karena kegagalan mereka menembus gawang Indonesia yang dijaga dengan sangat baik oleh kiper kedua Aqil Savik.

Beberapa kali, terutama di babak kedua, pemain-pemain Myanmar berbuat kasar, namun wasit tidak pernah memberi hukuman sepadan kecuali dengan kartu kuning. Sebaliknya wasit terlalu mudah mengeluarkan kartu kuning untuk setiap pelanggaran yang dialakukan pemain Indonesia.

Skor 7-1 atas Myanmar, yang juga ditekuk 2-1 pada babak penyisihan, membuat Indonesia menjadi tim paling produktif dalam turnamen ini dengan total selisih gol 26-5. Dalam dua partai penyisihan, Egy dan kawan-kawan menang 9-0 atas Filipina dan 8-0 atas Brunei Darussalam.

Thailand Juara

Dalam partai puncak turnamen Minggu malam, Thailand berhasil mempertahankan gelarnya melalui kemenangan 2-0 (0-0) atas Malaysia.

Kedua gol Thailand dicetak pada lima menit pertama babak kedua. Pada penghujung pertandingan  Malaysia gagal memanfaatkan hadiah penalti.

Partai penutup turnamen Piala AFF U-18 ini bisa disebut sebagai ulangan final SEA Games di Kuala Lumpur, Agustus lalu, di mana Malaysia juga menderita kekalahanm tapi hanya dengan skor tipis 0-1.

Thailand, yang sudah 13 kali menjuarai SEA Games, kini untuk kelima kalinya tampil sebagai kampiun Piala AFF U-18. Sumohadi Marsis