Plaza Kemang 88 Lt. 2 Unit 2B DKI Jakarta, Indonesia   sportschannelindonesia@gmail.com   +62 21 7193387 +62 82123848781
NEWS
Balap Sepeda: ISSI Bentuk Badan Tim Nasional

JAKARTA - SportsChannelIndonesia - Pengurus Besar Ikatan Sports Sepeda Indonesia (ISSI) melihat dana sebagai faktor kendala utama dalam pembinaan dan peningkatan prestasi balap sepeda Indonesia. ISSI juga melihat dengan membentuk Badan Tim Nasional (BTN) prestasi lebih diharapkan bisa diperoleh di Asian Games 2018.

Itu diungkapkan Ketua Umum PB ISSI, Raja Sapta Oktohari, Sabtu (9/9) di sela-sela rapat pleno PB ISSI di Hotel Pomelotel, Jakarta. Menurut Raja Sapta pembentukan BTN didasarkan pada hasil tak memuaskan di SEA Games 2017. Banyak kendala yang diterima oleh tim balap sepeda Indonesia.

Kendala itu antara lain kebutuhan Pelatnas yang tidak terpenuhi maksimal. Ujicoba dan training camp gagal, dan peralatan tanding yang terlambat datang. "Saya berharap dengan pebentukan BTN, persiapan ke Asian Games tidak terkendala," kata Raja Sapta yang dipanggil akrab dengan Okto ini.

"Dengan dibentuknya BTN, segala program jangka pendek ISSI sampai Asian Games akan terselesaikan. Program itu adalah tempat beruji coba, training camp, dan kelengkapan, hingga ke perlengkapan," sambung Okto.

"Tim balap sepeda ini memiliki kebutuhan dan ketergantungan yang besar. Kemarin kita banyak terganggu oleh mekanisme birokrasi pemerintah. Beberapa hal itu seperti gagal berujicoba dan training camp, perlengkapan latihan dan tanding terlambat. Saya berharap persiapan Asian Games hal itu tak terjadi lagi," kata Okto.

Menurut Okto, BTN akan dipimpin direktur Timnas yang membawahi beberapa manajer di berbagai nomor disiplin. Badan timnas ini diharapkan dikelola secara profesional. Budi Saputra menjadi calon terkuat direktur timnas. Budi adalah manajer timnas balap sepeda di SEAG 2017.

Okto berharap 1-2 pekan ini semua sudah terbentuk. Ia akan melaporkan pada saat Rapat Kerja Nasional yang akan berlangsung 11-12 September di Kemayoran.

"Tetapi kami juga memotivasi teman-teman untuk mencari sumber dana yang lain. Bekerja sama dengan sponsor, koorporasi, dan sponsor, dan produk sehingga BTN ini memberi kemampuan kerjasama ke luar khusus untuk timnas," tambah Okto. Eko Widodo

Sumber: dari berbagai sumber