Plaza Kemang 88 Lt. 2 Unit 2B DKI Jakarta, Indonesia   sportschannelindonesia@gmail.com   +62 21 7193387 +62 82123848781
NEWS
Brunei Jadi Kunci Indonesia ke Semifinal

JAKARTA - SportsChannelIndonesia - Partai keempat dan terakhir melawan Brunei Darussalam yang akan berlangsung Rabu (13/9) menjadi kunci penentu langkah Indonesia menuju babak semifinal turnamen Piala AFF U-18 di Yangon, Myanmar.

Agar lebih aman dan pasti lolos ke babak 4-besar sebagai salah satu dari dua wakil Grup B, Egy Maulana, Irianto, dan kawan-kawan, harus mencetak kemenangan atas Brunei dengan sebanyak mungkin gol.

Klasemen Grup A

Kondisi berat ini terjadi akibat pada pertandingan ketiga melawan Vietnam, Senin sore, tim Garuda Muda arahan pelatih Indra Sjafri dipaksa menelan kekalahan telak 0-3 (0-2).

Indonesia sebenarnya sudah menjalani hampir sepenuh babak pertama dengan baik melalui taktik “passing game”, sesuai janji Indra. Tapi beberapa menit menjelang babak pertama usai, tiba-tiba kiper Mohamad Riyandi menderita cedera, sehingga harus diganti kiper kedua M. Aqil yang tampaknya belum siap tampil.

Klasemen Grup B

Pada masa kritis menjelang turun minum itulah Vietnam melakukan tekanan-tekanan gencar yang berbuah dengan dua gol sangat penting buat mereka. Di babak kedua Vietnam lebih banyak bertahan, namun pada penghujung pertandingan masih mampu mencetak gol ketiga melalui tandukan atas sebuah tendangan penjuru dari pojok kiri.

Dengan kekalahan tersebut posisi Indonesia masih berada di peringkat kedua dengan enam poin dan selisih gol positif 11-4. Jumlah poin yang sama juga dimiliki tuan rumah Myanmar yang dalam pertandingan Senin sore itu juga menundukkan tim terlemah Filipina dengan skor 7-0.

Myanmar, yang dikalahkan 1-2 oleh Indonesia pada partai perdana,  harus mengerahkan seluruh kekuatannya untuk bisa mengalahkan Vietnam, apalagi dengan skor besar, agar bisa mengungguli pasukan Merah Putih  dalam produktivitas gol.

Indonesia sendiri tidak bisa memendang ringan Brunei, apalagi juga harus mencetak kemenangan dengan skor besar. Sebab tim tetangga terdekat itu mampu mengalahkan Filipina 3-2 dan mencetak satu gol ketika ditundukkan Vietnam 8-1.

Sementara itu Vietnam, dengan sudah mengoleksi sembilan poin dan meraup surplus gol 16-1,  sudah pasti lolos ke semifinal. Hampir mustahil bagi Indonesia maupun Myanmar untuk mengungguli selisih gol mereka yang sangat besar.

Dalam Grup A, Malaysia dan Thailand sama-sama telah mengamankan tiket mereka ke semifinal dengan masing-masing mengantongi 12 poin dari empat pertandimgan. Partai kelima dan terakhir di antara keduanya hanya akan menentukan posisi juara grup.

Hingga berita ini diturunkan, Senin malam, Indra Sjafri belum bersedia memberikan komentarnya kepada Sports Channel Indonesia (SCI). Sumohadi Marsis