Plaza Kemang 88 Lt. 2 Unit 2B DKI Jakarta, Indonesia   sportschannelindonesia@gmail.com   +62 21 7193387 +62 82123848781
NEWS
Menyamakan Persepsi Basket 3x3 di Asian Games 2018

JAKARTA -SportsChannelIndonesia - Indonesia akan menjadi tuan rumah pergelaran Asian Games 2018 tahun depan. Untuk pertama kali, nomor 3x3 dipertandingkan di Asian Games. Pada Olimpiade 2020, 3x3 juga untuk pertama kali dipertandingkan. Jadi, pergelaran 3x3 di Asian Games menjadi kunci keberhasilan 3x3 sebagai nomor baru di bola basket.

Untuk menyongsong itu, Panitian Pelaksana 3x3 Asian Games menggelar Workshop Mengenal Panpel, NTO, dan Field Worker di Menara Peninsula Hotel, 27-28 September. Hadir dalam acara itu tokoh olahraga senior Djoko Pramono, Agus Antares Mauro, Anthony Gunawan, dan segenap pihak yang akan berperan langsung di Asian Games nanti.

Event 3x3 akan digelar 22-26 Agustus di 3x3 Basketball Court Semaya (sekarang dikenal dengan Kawasan Mega Sports) Senayan, Jakarta. Venue latihan di lapangan Tennis Outdoor Senayan, sementara Perkampungan Atlet di Kemayoran Blok D10.

"Kita harus menjadi tuan rumah yang baik. Bibir kita jangan susah tersenyum menyambut para tamu Asia," papar Anthony Gunawan, competition manager cabang 3x3 yang juga ketua sub bidang 3x3 PP Perbasi. Anthony akan didampingi venue manager Niko Arsi Harkenijandra.

Pertandingan 3x3 digelar dalam 5 hari. Ada 20 tim putra dan putri yang terseleksi. Indonesia otomatis lolos sebagai tuan rumah. Total pertandingan ada 96 (80 penyisihan grup dan 16 sistem gugur). Tiap grup terdiri dari 5 tim. Baik putra ataupun putri, masing-masing dibagi dalam 4 grup.

"PP Perbasi sekarang fokus ke 3x3 sebab dari nomor inilah kita bisa berbicara banyak. Untuk bisa bicara di nomor basket konvensional, sangat sulit bersaing," ucap Danny Kosasih, ketua umum PP Perbasi dalam sambutannya. "Jadi, selain sukses sebagai panitia, kita berharap Indonesia juga sukses di 3x3.

Agus Mauro, mantan Sekjen PP Perbasi dan pelopor 3x3 Indonesia, dalam sesi 3x3 as a News Discipline melihat bahwa Indonesia berpeluang di nomor ini. "Basket 3x3 adalah terobosn untuk menggaet massa dan memperluas partisipasi masyarakat. Itu alasan kenapa nomor ini dikembangkan oleh FIBA," ucap Agus, yang pernah menjadi ambassador 3x3 ini.

"Bola basket harus kreatif dan proaktif agar semakin survive dan sustainable," ucap Agus. Rintisan Indonesia di 3x3 dilakukan sejak 2011 di Australia. Indonesia menjadi juara Asia saat event digelar di Jepang dengan pemain Fandi Andika Ramadhani, Rizky Effendi, Vinton Nolland Surawi, dan Wijaya Saputra.

Pada sesi Manajemen Multievent dan Kesiapan sebagai Tuan Rumah, Mayjend (purn) Djoko Pramono mengatakan pentingnya kesiapan sebagai tuan rumah. "Asian Games 2018 adalah tanggung jawab kita. Jadi, saya berharap kalian memberikan yang terbaik di 3x3 sebagai representasi tanggung jawab melaksanakan kewajiban ini," kata Djoko.

"Berikan yang terbaik dan berikan yang berbeda di Asian Games nanti. Saya yakin kalian bisa," ucap Djoko yang sudah mentas di semua event olahraga nasional maupun internasional ini.

Acara juga diisi dengan simulasi task force dengan berbagai kasus yang kemungkinan akan muncul dan terjadi.