Plaza Kemang 88 Lt. 2 Unit 2B DKI Jakarta, Indonesia   sportschannelindonesia@gmail.com   +62 21 7193387 +62 82123848781
NEWS
Pembukaan: 85 Ribu Penonton Bakal Menyerbu Bukit Jalil

KUALA LUMPUR - SportsChannelIndonesia - Sabtu malam pukul 20.00 (atau 19.00 WIB), SEA Games XXIX/2017 akan dibuka resmi oleh Raja Malaysia, Yang Dipertuan Agong, dan diperkirakan stadion nasional di Bukit Jalil akan diserbu oleh tidak kurang dari 85.000 penonton dari berbagai penjuru Asia Tenggara.

Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Khairy Jamaluddin, merasa yakin pembukaan resmi pekan olahraga Asia Tenggara kali ini akan jauh lebih memukau dibanding tiga SEA Games sebelumnya yang seluruhnya juga digelar di Kuala Lumpur, yakni pada 1977, 1989 dqn 2001.

Untuk menghindari kemacetan di sekitar stadion Bukit Jalil Menpora Khairy bahkan mengimbau masyarakat untuk menggunakan kendaraan umum, dengan diskon 50 persen. Namun demikian pihak pengelola parkir setempat dikatakannya telah menyiapkan ruang untuk 18.000 mobil.

Diperoleh pula keterangan yang bersifat rahasia, pembukaan SEA Games 2017 akan sangat memikat karena di dalamnya akan disajikan sejumlah atraksi kejutan yang belum pernah disaksikan oleh masyarakat Asia Tenggara.

Serangkaian atraksi kejutan ini diperkirakan merupakan dampak positif dari upacara pembukaan SEA Games 2015 di Singapura yang dinilai sebagai upacara pembukaan terbaik sepanjang sejarah SEA Games. Dalam acara tersebut Singapura menyajikan pertunjukan cahaya dengann teknologi tinggi yang sangat memukau.  

Pada pembukaan SEA Games 2011 di Palembang, penonton juga disuguhi atraksi kejutan yang cukup menarik dengan tampilnya bintang bulutangkis juara Olimpiade 1992, Susy Susanti, ditarik cukup tinggi di atas puluhan ribu penonton sebelum melakukan adegan memanah.

Tekad juara umum

Pada kesempatan yang sama Menpora Khairy juga dikutip berbagai media, termasuk The New Strait Times, merasa lebih yakin kali ini Malaysia akan kembali menjadi juara umum seperti ketika menjadi tuan rumah pada SEA Games 2001.

Ia menilai sikap mental “never say die”, atau jangan pernah menyerah,  yang ditunjukkan oleh para atlet panahan dan tim sepakbola menunjukkan bahwa atlet-atlet Malaysia memilikii sifat determinasi yang sangat penting dalam persaingan olahraga.

Dalam pertandingan final nomor compound Rabu lalu, dua pepanah Malaysia yang sangat diharapkan menjadi juara justru gagal. Mereka dikalahkan oleh atlet Indonesia yang kemudian memborong dua medali emas pertama dalam SEA Games keempat di Kuala Lumpur itu.

Tapi, hanya 24 jam kemudian, mereka mampu menunjukkan dirinya untuk bangkit dari kekalahan dang ganti tampil gemilang untuk meraup dua medali emas.

Di cabang sepakbola, Malaysia juga sempat ketinggalan 0-1 di babak pertama pertarungan pada babak penyisihan grup A melawan Singapura. Akan tetapi, dengan permainan penuh determinasi pada babak kedua, Malaysia berbalik unggul dan menjadi pemenang.

“Jika para atlet Malaysia lainnya mampu bersikap hebat seperti itu, saya yakin kita akan mampu mencapai target kita untuk menjadi juara umum,” kata Khairy.