Plaza Kemang 88 Lt. 2 Unit 2B DKI Jakarta, Indonesia   sportschannelindonesia@gmail.com   +62 21 7193387 +62 82123848781
NEWS
SEA Games 2017: Malaysia yang Spektakuler

KUALA LUMPUR - SportsChannelIndonesia - Malaysia memberikan hadiah indah pada perayaan ulang tahun kemerdekaan ke-60, 31 Agustus lalu. Sesaat setelah penutupan secara resmi oleh Perdana Menteri Datuk Seri Najib Tun Razak, pesta kembang api menyambung dari Stadin Nasional Bukit Jalil hingga ke downtown kota Kuala Lumpur. Pesta yang layak dilakukan oleh tuan rumah Malaysia.

"Dengan ini saya nyatakan Pesta Olahraga Asia Tenggara ke-29 dinyatakan ditutup. Dua tahun dari sekarang, SEA Games ke-30 akan digelar di Filipina," kata Najib yang didampingi istri Datin Seri Rosmah Mansor dan wakil PM, Datuk Seri Dr. Ahmad Zahid Hamidi.

Dalam pergelaran SEA Games ke-19, Malaysia mendominasi perolehan medali dengan 145 emas 92 perak dan 86 perunggu. Jumlah itu melampaui target 111 medali emas sebagai syarat wajib yang ditetapkan untuk menjadi juara umum.

Ketua Pelaksana SEAG ke-29, Khairy Jamaluddin, menyerahkan bendera SEA Games kepada ketua Olympic Council of Malaysia, Tunku Imran Tuanku Jaafar. Jaafar lantas menyerahkan bendera itu kepada presiden Philippines Olimpic Comittee Jose Cojuangco Jr. Cojuangco pun menyerahan bendera ke Alan Peter Cayetano sebagai wakil pemerintah Filipina, yang menerima estafet itu dengan mengibar-ngibarkan bendera.

Acara ditutup dengan video yang menyanjung 13 ribu tenaga sukarela (volunteer) yang menjadi kunci suksesnya pergelaran di lapangan. Tarian kolosal yang menggambarkan kemajemukan di Malaysia juga ditampilkan. Video perjuangan atlet-atlet Malaysia menjadi juara ditayangkan dalam layar lebar.

Atlet Malaysia yang dipanggil masuk pada kesempatan pertama, merupakan simbol keberhasilan mereka menjadi yang terbaik. Pada kesempatan itu, PM Najib Razak juga menetapkan 4 September sebagai hari libur nasional.

Keberhasilan Malaysia sebagai juara umum SEA Games 2017 disambut gembira oleh masyarakat Malaysia. Dua mantan atlet taekwondo, Adam Ho dan pacarnya Sarah Lee, suprised dengan perolehan medali emas Malaysia. "Malaysia memang luar biasa. Saya tidak menduga bisa meraih 145 medali emas," ucap Ho, yang sekarang berprofesi sebagai marketing executive ini.

Pelatih inline skating, Eznil Anaz Yusoff mengajak istri dan ketiga anaknya dalam acara penutupan. Eznil tidak hadir di Upacara Pembukaan, 19 Agustus lalu. "Saya menjadi saksi kehebatan dari para atlet yang berlatih keras demi meraih medali," ucap Eznil.

Sampai jumpa di Filipina, 2019.