Plaza Kemang 88 Lt. 2 Unit 2B DKI Jakarta, Indonesia   sportschannelindonesia@gmail.com   +62 21 7193387 +62 82123848781
NEWS
SEA Games 2017: Thailand Akui Kemunduran Daya Saing, Mudahkan Malaysia Juara Umum

KUALA LUMPUR - SportsChannelIndonesia - Thailand yang merajai pergelaran SEA Games dua tahun lalu di Singapura, kali ini mengakui persiapan serius yang dilakukan tuan rumah Malaysia. Dua tahun lalu, Thailand memperoleh 95 medali emas sedangkan Singapura di tempat kedua dengan 84. Sampai penutupan SEA Games 2017, 30 Agustus lalu, Thailand hanya mendapatkan 72 emas sedangkan tuan rumah Malaysia 145 keping emas.

“Saya berterima kasih pada pengorbanan para atlet untuk mewujudkan Malaysia Juara. Mereka meninggalkan studi untuk fokus medali emas. Sekarang, usai SEA Games mereka akan menyelesaikan tugas mereka yang tertunda akibat SEA Games,” ucap Marina Chin, ketua delegasi Malaysia di SEAG 2017. Marina adalah mantan kepala sekolah yang juga mantan Ratu Trek di SEA Games di era 1970-an.

“Saya memberikan salute untuk mereka. Berkat pengorbanan mereka, Malaysia mendapat medali yang luar biasa di Kuala Lumpur 2017 ini,” sambunng Marina yang pernah meraih penghargaan Sportswoman of the Year pada 1976 dan 1977 ini.

Perolehan medalii emas Thailand dan Malaysia yang terlalu jauh. (SEAG 2017)

Kondisi internal di  tim SEAG Thailand juga salah satu penyebabnya. “Kami kehilangan beberapa medali emas yang seharusnya bisa diraih. Situasi juga tidak terlalu bagus,” ucao Thana Chaiprasit chief delegayion Thailand kepada koran Bangkok Post. Chaiprasit tidak memerinci secara implist kondisi internal apa yang dimaksud. Mungkin juga mereka dalam proses mematangkan atlet pelapis menunju Asian Games 2018.

“Kami mengincar 109 medali emas, namun mengalami penurunan 20% dari target. Jadi wajar saja jika perolehan medali kami di sekitar angka 80an medali emas,” ucap Chaiprasit.

Chaiprasit juga komplain karena Malaysia menghilangkan cabang unggulan Thailand seperti tinju perempuan, atau memainkan squash dan figure skating yang sulit menyumbangkan medali emas untuk Thailand.

“Kami akan melakukan evaluasi sepulang dari event SEAG ini. Kami akan mencari dimana letak kelemahan kami dan kekurangan yang harus diperbaiki. Kami akan menyelesaikan permasalahan kami,” ucap Chaiprasit menambahkan seperti dikutip AFP.

Problem penurunan medali emas ternyata juga dialami kompetitor walau tak separah Indonesia. Eko Widodo