Plaza Kemang 88 Lt. 2 Unit 2B DKI Jakarta, Indonesia   sportschannelindonesia@gmail.com   +62 21 7193387 +62 82123848781
NEWS
Timnas U-16 ke Putaran Final Piala AFC 2018

JAKARTA - SportsChannelIndonesia - Tim nasional belia Indonesia di bawah pelatih Fachri Husaini merebut tiket ke putaran final kejuaraan Piala AFC U-16 yang akan berlangsung September 2018 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Prestasi tersebut dicapai Sutan Diego Zico dan kawan-kawannya dengan cara luar biasa. Mereka memenangi seluruh empat pertandingan dalam Grup G yang diselenggarakan di stadion Rajamangggala, Bangkok, Thailand.

Diawali dengan pembantaian 18-0 atas anggota terbaru AFC (Konfederasi Sepakbola Asia), Kepulauan  Mariana Utara, disusul kemenangan 3-1 atas Timor Leste,  lalu menundukkan favorit juara Thailand 1-0, dan terakhir Jumat sore (22 Sep) menggulung Laos 3-0 (1-0).

Dengan mengoleksi 12 poin dan selisih gol 25-1 posisi Indonesia tidak tergoyahkan di puncak Grup G apa pun yang terjadi pada sisa pertandingan Jumat malam dan Minggu.

Jumat malam, Thailand meraih kemenangan 4-0 atas  Timor Leste, dan dengan demikian menduduki peringkat kedua Grup G dengan sembilan poin dari empat pertandingan. Namun apakah mereka akan mendampingi Indonesia ke putaran final di Malaysia tahun depan masih tergantung klasemen pada  sembilan grup lainnya.

Pencetak gol terbanyak dari timnas Garuda Belia adalah Sutan Diego Zico dengan total sepuluh gol.  Ia memborong 5 gol pada pembantaian atas Mariana Utara,  lalu tiga gol  ketika Indonesia menaklukkan Timor Leste 3-1, dan dua dari tiga gol waktu menang 3-0 atas Laos.

Seusai pertandingan pelatih Fachri tak mampu membendung rasa gembiranya. Bukan saja karena pasukannya telah lolos ke putaran final di Malaysia, tapi juga lantaran anak buahnya telah meraih prestasi 100 persen dalam empat pertandingan, termasuk atas Thailand dan Laos, dua tim yang pernah mengalahkan Indonesia.

Khusus menghadapi Laos, sebelum pertandingan ia hanya mengingatkan pemain untuk lebih waspada. Jangan sampai lengah dan kecolongan seperti pada pertandingan terdahulu.

“Kesuksesan ini tidak lepas dari dukungan para supporter dan perjuangan keras para pemain dan seluruh bagian dalam timnas U-16,” tambah  Fachri.

Sepuluh grup

Babak  kualifikasi menuju kejuaraan Piala AFC U-16/2018 di Malaysia ini dibagi dalam sepuluh grup yang diikuti masing-masing oleh 4-5 negara. Ikut pula di dalamnya Australia yang berada di Grup D.

Juara tiap grup otomatis lolos. Mereka akan ditambah dengan lima peringkat kedua yang memiliki jumlah poin dan selisih gol terbaik.
Malaysia, sebagai tuan rumah, oleh AFC  diberi keistimewaan otomatis lolos ke putaaran final, mendampingi 15 negara yang lolos melalui kualifikasi. Sumohadi Marsis

KLASEMEN LENGKAP, INDONESIA GRUP G [KLIK DI SINI]

Foto: AFC