Plaza Kemang 88 Lt. 2 Unit 2B DKI Jakarta, Indonesia   sportschannelindonesia@gmail.com   +62 21 7193387 +62 82123848781
NEWS
Timnas U-19 Akan Menantang Korsel di Kandangnya

JAKARTA - SportsChannelIndonesia - Pelatih Indra Sjafri bersama tim nasional U 19 Indonesia yang dipimpinnya akan menantang Korea Selatan di kandangnya, Paju, awal November mendatang.

Partai yang diperkirakan akan berlangsung seru dan memikat itu adalah bagian dari jadwal pertandingan dalam babak kualifikasi Grup F kejuaraan Piala AFC U-19/2018.

Selain kedua timnas itu juga akan ambil bagian di dalamnya tiga kesebelasan negara lain,  yakni Malaysia, Timor Leste, dan Brunei Darussalam.

Menurut Indra, pertarungan melawan Korsel akan berlangsung pada 4 November sebagai tim ketiga yang akan dihadapi oleh Egy Maulana Vikri dan kawan-kawannya. Sebelum itu mereka akan berhadapan dengan Brunei (31 Oktober) dan Timor Leste (2 November), dan kemudian Malaysia akan menjadi lawan terakhir pada 6 November.

Bagi Indra, pertarungan melawan Korsel akan menjadi ulangan partai penting pada babak kualifikasi Piala AFC U 19 pada 2013 di Jakarta ketika tim binaannya meraih kemenangan 2-1.

Untuk pertarungan di kandang Korsel nanti Indra tidak dengan tegas akan mengulangi sukses di Jakarta empat tahun lalu. “Yang paling penting saya akan menampilkan generasi baru sepakbola Indonesia,” katanya Selasa (10/10) malam.

Generasi baru yang dimaksud Indra adalah Egy, Rafli, Witan, dan kawan-kawan yang dengan keras dan konsisten terus digemblengnya agar memiliki identitas sepakbola menyerang.

Terakhir identitas “attacking football”  itu dibuktian oleh pasukan Indra dengan menundukkan Kamboja 2-0 dan Thailand 3-0 pada ujicoba internasional  di Bekasi dan Cikarang 4 dan 8 Oktober lalu. Setelah itu Indra meneruskan pelatihan timnya di sekitar Bekasi dan mereka akan meninggalkan Indonesia menuju Korsel pada 27 Oktober.

Apa pun hasil babak kualifikasi tersebut tidak akan memengaruhi posisi Indonesia sebagai tuan rumah putaran final  Piala AFC U 19/2018 yang akan berlangsung Oktober-November tahun depan.

Timnas U 16

Sementara itu timnas U-16 Indonesia yang bulan lalu menjadi juara Grup G babak kualifikasi Piala AFC U-16/2018 di Bangkok, Thailand, akan lebih mempersiapkan dirinya di dalam negeri.

Menurut pelatih Fakhri Husaini, untuk tim dengan pemain seusia 15-16 tahun cukup banyak tim lokal yang bisa dipilih untuk menjadi lawan ujicoba.

“Nanti kalau sudah jelas pembagian grup pada ptaran final Piala AFC di Malaysia baru kami akan berujicoba ke luar negeri,” tutur Fakhri.

Timnas U-16 bulan lalu menjadi juara grup G setelah mengalahkan seluruh empat lawannya, yakni pendatang baru Mariana Utara, Timor Leste, Laos, dan tuan rumah Thailand. Mereka menetak 25 gol, termasuk 18-0 atas Mariana Utara.

Seperti Indra, Fakhri mencetak banyak pemain dengan kemampuan dan naluri menyerang yang hebat, termasuk Sutan Diego Zico, pencetak sepuluh gol dalam turnamen tesebut. Sumohadi Marsis