Plaza Kemang 88 Lt. 2 Unit 2B DKI Jakarta, Indonesia   sportschannelindonesia@gmail.com   +62 21 7193387 +62 82123848781
SEPAK BOLA
Sepakbola Setengah Langkah ke Semifinal

KUALA LUMPUR - SportsChannelIndonesia - Kesebelasan Indonesia setengah langkah ke babak semifinal sepakbola SEA Games 2017 setelah Selasa malam di stadion Selayang, Kuala Lumpur, bermain imbang tanpa gol melawan Vietnam.

Bertarung dalam grup B, sebelumnya timnas Merah Putih yang ditangani pelatih asal Spanyo, Luis Milla, mengalahkan Filipina 4-0 dan Timor Leste 1-0 serta bermain imbang 1-1 melawan juara bertahan Thailand.

Dengan demikian Indonesia mengumpulkan delapan poin dari empat pertandingan dan menempati peringkat kedua di grup B, di bawah  Thailand yang telah merebut sepuluh poin dari tiga kemenangan dan satu seri.

Peluang Indonesia untuk maju ke semifinal tergantung pertandingan terakhirnya melawan Kamboja dan partai Thailand-Vietnam. Kedua pertandingan akan sama-sama berlangsung Kamis mendatang.

Jika Indonesia menang atas Kamboja, apa pun hasil pertandingan Thailand-Vietnam tidak akan bisa mencegah langkah penuh Hansamu Yama dan kawan-kawan ke semifinal.
Sebaliknya, jika Indonesia dikalahkan Kamboja dan Vietnam mengalahkan Thailand maka pasukan negeri Ho Chi Minh itulah yang akan maju ke babak separuh akhir turnamen U-23 yang diikuti sebelas negara Asia Tenggara ini.

Dalam grup A, tuan rumah Malaysia dan Myanmar sudah tidak tergoyahkan lagi untuk sama-sama maju ke semifinal. Hasil pertandingan terakhir dalam grup ini, Malaysia melawan Laos dan Singapura melawan Brunei, Rabu ini,  tidak akan berpengaruh.  

Terima kasih Milla

Pertandingan Indonesia-Vietnam yang berlangsung di stadion Selayang, 20 km dari pusat kota Kuaa Lumpur, menunjukkan dengan jelas perjuangan keras Bui Tien Dung dan kawan-kawannya untuk mencetak kemenangan.

Sejak menit pertama, pertandingan yang dipimpin wasit Al Yacoubi Omar itu lebih berkisar di daerah permainan Indonesia. Sejumlah peluang mencetak gol dihasilkan Vietnam,  tapi penyelesaian yang kurang tajam membuat gawang Sastra Tama Hardiyanto tetap tak tertembus.

Di babak kedua, ketika tempo permainan menjadi lebih  cepat dan panas, terjadi insiden yang melibatkan gelandang Indonesia Hanif Abdul Rauf Syahbandi terkena kartu merah. Dengan hanya sepuluh pemain dan  sisa pertandingan masih cukup lama Indonesia terpaksa lebih banyak bertahan.

Vietnam pun semakin meningkatkan serangannya dan kembai meraih sejumlah momen yang mengancam gawang Indonesia. Tapi, sampai waktu tambahan lima menit habis, perjuangan keras Vietnam tetap tidak memberikan hasil optimal yang diinginkan.

Dalam konferensi pers seusai pertandingan Milla mengatakan ia sangat berterima kasih kepada para suporter, mdia dan seluruh masyarakat Indonesia atas dukungan semangatnya. Ia juga berterima kasih kepada para pemain yang telah bermain dengan baik.

Ditanya apakah ia gembira dengan hasil seri itu Milla menukas, “Saya selalu mengatakan bahwa setiap pertandingan adalah final, dan saya sangat gembira karema tim saya terus berkembang. Para pemain terus bermain maksimal,” katanya. SUMOHADI MARSIS