breaking news New

ASIAN GAMES 2018: Sumbar Suguhkan Sentuhan Sejarah Pada Kirab Obor Asian Games

ASIAN GAMES 2018: Sumbar Suguhkan Sentuhan Sejarah Pada Kirab Obor Asian Games.

BUKITTINGGI – SportsChannelIndonesia – Kirab Obor Asian Games 2018 telah singgah di ranah Minang tepatnya di jantung kota wisata Bukittinggi, pada Kamis (2/8), pukul 15:00 waktu setempat. Sebelum bertolak ke kota yang pada zaman kolonial Belanda disebut dengan Parijs Van Sumatera itu, api obor Asian Games 2018 terlebih dahulu diterima oleh Komandan Lanud Sutan Sjahrir, Kolonel Pnb Purwanto Adi Nugroho, di Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

Obor lantas diserahkan kepada Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, bersama Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir, baru kemudian dibawa ke Kota Bukittinggi yang menjadi pusat perhelatan kirab obor Asian Games 2018.

Dihadiri oleh ratusan warga yang turut menyambut disepanjang jalan, berbagai tontonan meriah juga telah dipersiapkan, diantaranya tarian Gelombang khas Sumatera Barat, atraksi marching band IPDN Sumatera Barat, serta sambutan oleh Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias.

“Atas nama seluruh masyarakat dan pemerintah Kota Bukittinggi, kami berterima kasih dan bangga akan dipilihnya sebagai satu-satunya kota di Sumatera Barat yang mendapatkan kesempatan didatangi api obor Asian Games 2018,” ujar Ramlan.

Menurutnya, arak-arakan api obor kali ini terbilang unik. Sebab, kirab obor Asian Games 2018 juga melewati Lobang Jepang yang merupakan saksi sejarah kemerdekaan Indonesia.

“Uniknya, hanya disini prosesi kirab obor Asian Games 2018 dapat menelusuri Lobang Jepang yang merupakan salah satu destinasi wisata Kota Bukittinggi. Semoga kedepannya akan lebih dikenal dan dikunjungi oleh para wisatawan.” jelas Ramlan.

Pada kesempatan ini, kirab obor Asian Games 2018 juga turut dimeriahkan oleh beberapa tokoh masyarakat yang bertugas pembawa api obor termasuk Donny Kesuma dan Olivia Zalianty, serta mantan atlet tinju kebanggaan Indonesia, Chris John.

Bagi Chris, ini merupakan pengalaman yang tak terlupakan dan suatu kebanggaan untuk dapat berpartisipasi secara langsung.

“Tentunya, ini merupakan pengalaman yang berbeda untuk mendapatkan kesempatan membawa api obor Asian Games 2018, apa lagi melalui medan yang tidak biasa,” ungkap Chris.

Selain Lobang Jepang, kirab obor Asian Games 2018 di Bukittinggi juga turut melintasi destinasi-destinasi bersejarah lainnya, termasuk Tugu Pahlawan Tak Dikenal, Rumah dan Istana Bung Hatta. Eko Widodo

Sumber dan Foto: Public Relation Panitia Pelaksana Asian Games 2018

Author: Eko Widodo

Pernah bekerja di Tabloid BOLA selama lebih dari 20 tahun. Berpengalaman dalam dunia jurnalistik olahraga dan liputan olahraga internasional ke lima benua selama lebih dari 20 tahun. Memilik gelar akademik STP dalam bidang Teknologi Pertanian; MM dalam Manajemen Pemasaran; dan Ph.D. dalam bidang pendidikan olahraga.

Share this post

Eko Widodo568 Posts

Pernah bekerja di Tabloid BOLA selama lebih dari 20 tahun. Berpengalaman dalam dunia jurnalistik olahraga dan liputan olahraga internasional ke lima benua selama lebih dari 20 tahun. Memilik gelar akademik STP dalam bidang Teknologi Pertanian; MM dalam Manajemen Pemasaran; dan Ph.D. dalam bidang pendidikan olahraga.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register