breaking news New

Huswatun Hasanah: Idolakan Vasyl Lomachenko

Huswatun Hasanah: Idolakan Vasyl Lomachenko (Foto: Istimewa)

JAKARTA – SportsChannelIndonesia – Ternyata perjalanan Huswatun menjadi petinju tidak mulus. Kedua orang tuanya sempat menentang niat Huswatun yang masih berstatus pelajar SMU menekuni olahraga tinju.

“Saya mulai latihan tinju saat masih menjadi pelajar SMA. Tadinya, kedua orang tua tidak setuju tapi saya tetap saja nekad. Akhirnya, mereka mengizinkan saya bertinju setelah melihat saya bertanding dan menang,” kata Huswatun Hasanah yang ditemui di Hall C JIExpo Kemayoran Jakarta Pusat, Kamis (30/8).

Awalnya, gadis kelahiran Lombok, 27 Januari 1998 ini berlatih olahraga taekwondo. Dia mulai beralih berlatih tinju di Sasana Notorius Boxing Camp di Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat pada tahun 2014.

“Saya dikenalkan dengan pelatih tinju oleh anak buah pak Indah Dugi Cahyono yang menjadi pelatih taekwondo. Bu Dugi itu sudah saya anggap seperti orang tua sendiri,” cerita Kowad TNI AD berpangkat Serda yang berdinas di Dirpalad Jatinegara Jakarta Timur ini.

Kok bisa senang tinju? “Senang aja. Tinju kan bisa membuat saya bisa dikenal,” jawabnya.

Berbicara soal tinju, anak ketiga dari tiga bersaudara pasangan Arkan dan Ahyar ini sangat mengenal legenda tinju dan juara dunia tinju. Bahkan, dia sangat mengidolakan Vasyl Lomachenko yang menjadi juara dunia kelas ringan WBA dan WBO.

“Saya senang membaca dan menonton pertandingan tinju baik amatir naupun profesional. Vasyl Lomachenko itu jadi idola. Pukulannya sangat cepat, lincah, tubuhnya lentur dan footwork-nya juga sangat bagus,” kata Haswatun.

Nama Huswatun memang sudah sangat dikenal di kalangan pecinta tinju setelah dirinya melaju ke babak semifinal kelas ringan cabang olahraga tinju Asian Games XVIII. Berkat kesuksesan itu, Huswatun tercatat sebagai petinju wanita pertama yang menembus semifinal Asian Games.

Di semifinal yang akan dimainkan di Hall C JIExpo Kemayoran Jakarta Pusat, Jumat (31/8/2018), Huswatun yang dua kali meraih kemenangan akan berhadapan dengan petinju Thailand, Sudaporn Seesondee. “Saya sudah siap menghadapinya. Target saya meraih medali emas,” tegasnya. (*)

Biodata
Nama: Huswatun Hasanah
Tempat/Tgl Lahir: Lombok, 27 Januari 1998
Pangkat dan Kesatuan: Serda (K)/Dirpalad
Ayah: Arkan
Ibu: Ahyar
Posisi: Anak 3 dari 3 bersaudara
Idola: Vasyl Lomachenko
Prestasi
2014: Emas Kejurnas Tinju Junior di Tangerang
2015: Emas STE di Cibinong
Emas Pra PON NTT
2016: Emas Gubernur Cup Ambon
Perak PON Jawa Barat
2017: Emas Kartini Cup Tangerang
Emas Kapolri Cup Jambi
Emas Kejurnas Tinju Belitung
2018: Emas Kejuaraan Tinju Walikota Cup Tumohon
Perunggu Kapolri Cup Manado

Author: Eko Widodo

Pernah bekerja di Tabloid BOLA selama lebih dari 20 tahun. Berpengalaman dalam dunia jurnalistik olahraga dan liputan olahraga internasional ke lima benua selama lebih dari 20 tahun. Memilik gelar akademik STP dalam bidang Teknologi Pertanian; MM dalam Manajemen Pemasaran; dan Ph.D. dalam bidang pendidikan olahraga.

Share this post

Eko Widodo784 Posts

Pernah bekerja di Tabloid BOLA selama lebih dari 20 tahun. Berpengalaman dalam dunia jurnalistik olahraga dan liputan olahraga internasional ke lima benua selama lebih dari 20 tahun. Memilik gelar akademik STP dalam bidang Teknologi Pertanian; MM dalam Manajemen Pemasaran; dan Ph.D. dalam bidang pendidikan olahraga.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password