breaking news New

IBL Gojek Tournament 2018: Stapac Sudahi Perlawanan Sengit BPD Yogya Bima Perkasa Yogya

Pelatih Stapac Jakarta asal Lituania, Giedrius Zibenas, memberikan keterangan usai pertandingan. (Foto: IBL)

SOLO – SportsChannelIndonesia – Tim kuat Stapac Jakarta memetik kemenangan pertama pada turnamen IBL Gojek 2018 di Sritex Arena, Solo, Minggu (14/10) malam. Bertanding melawan Bank BPD Yogya Bima Perkasa Yogya, Stapac menang dengan skor tipis 58-53 (22-15). Di paruh waktu pertama Stapac tertinggal dengan 22-25.

Bima Perkasa yang menurunkan starter baru, memang memberikan perlawanan keras kepada skuad Stapac. Bahkan Stapac, sempat tertinggal 0-5 di awal kuarter pertama oleh poin yang dicetak Restu Dwi Purnomo, mantan pebasket Bima Sakti Nikko Steel Malang.

Pelatih Bima Perkasa Yogya, Raoul Miguel Hadinoto mendapatkan keuntungan dari Galank Gunawan yang memiliki memperkuat asal istrinya, Yogyakarta. Galank dikombikasikan dengan Yanuar Priasmoro, Restu Dwi Nugroho, M Alan As’adi dan R. Azzaryan Pradhitya menjadi lawan tak ringan bagi Stapac.

Stapac yang memasang starter baru, Agassi Goantara dan Kaleb Ramot Gemilang, memang masih menjadi tim yang sangat kuat. Pelatih asal Lituania, Giedrius Zibenas, memang juga meladeni line up yang dibuat oleh Bima Perkasa dengan tanpa memasang center murni.

Bima Perkasa yang memimpin 17-15 pada kuarter pertama, ditekan dengan hanya memimpin 8-7 di kuarter kedua. Kuarter ketiga, Stapac melejit dengan 22-16. Pada kuarter keempat, Stapac memimpin dengan 14-12.

Kaleb memberikan kemenangan ketika ia melesakkan 3pts dari corner saat kedudukan sama kuat 53-53 saat pertandingan tersisa 23 detik. Azzaryan Pradhitya membuat kesalahan saat lag tersisa 18 detik yang bola berhasil di steal pemain nasional, Abraham Damar Grahita. Assist dari Abraham diselesaikan dengan baik oleh Oki Wira Sanjaya sekaligus mengunci kemenagan Stapac dengan 58-53.

Stapac pun tidak memiliki akurasi prima di laga ini. Field goal Stapac 37% (20/54) sedangkan Bima Perkasa 33% (16-48). Stapac hemat dalam melakukan tembakan tiga angka dengan persentase masuk 39% (9/23) sedangkan Bima Perkasa (22%). Bima Perkasa hanya memasukkan 6 dari 27 usaha tembakan 3 angka.

Walaupun memiliki Galank, namun rebound Bima Perkasa masih kalah dari Stapac 32-35. Stapac unggul dalam steal dengan perolehan 11-8 dan assist 15-9.

Tiga pemain Bima Perkasa mencetak angka dobel digit yang dipimpin Azzaryan Pradhitya dengan 13 angka diikuti Yanuar Priasmoro 10 dan M Alan As’adi dengan 10 angka. Galank hanya berkontribusi 7 rebound untuk Bima Perkasa Yogya.

“Saya memang menginginkan pertandingan seperti ini. Kami ingin melihat sejauh mana tim kami bisa melawan tim-tim seperti malam ini. Lawan bagus hari ini. Saat kami membuat kesalahan, lawan menghukum kami. Itulah bola basket. Dan ini yang ingin saya lihat di pre-season,” kata Pelatih Stapac, Giedrius Zibenas.

“Jelas kami kalah. Jadi banyak yang harus dibenahi. Khususnya pengalaman untuk menghadapi situasi seperti di menit-menit akhir. Seperti saat tembakan Kaleb tadi. Fokus kami step-by-step untuk memperbaiki peringkat di liga nanti,” ucap Raoul Miguel Hadinoto, pelatih Bima Perkasa.

Dari Stapac, poin terbanyak dibuat Agassi Goantara dan Widyanta Putra Tedja dengan 12 angka. Eko Widodo

Sumber: IBL

Author: Eko Widodo

Pernah bekerja di Tabloid BOLA selama lebih dari 20 tahun. Berpengalaman dalam dunia jurnalistik olahraga dan liputan olahraga internasional ke lima benua selama lebih dari 20 tahun. Memilik gelar akademik STP dalam bidang Teknologi Pertanian; MM dalam Manajemen Pemasaran; dan Ph.D. dalam bidang pendidikan olahraga.

Share this post

Eko Widodo1190 Posts

Pernah bekerja di Tabloid BOLA selama lebih dari 20 tahun. Berpengalaman dalam dunia jurnalistik olahraga dan liputan olahraga internasional ke lima benua selama lebih dari 20 tahun. Memilik gelar akademik STP dalam bidang Teknologi Pertanian; MM dalam Manajemen Pemasaran; dan Ph.D. dalam bidang pendidikan olahraga.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password