Piala Srikandi 2018-19: Bawa Pulang Dua Kemenangan Cukup Melegakan GMC Cirebon

Pelatih Han Tae-hi, memberikan warna baru untuk GMC Cirebon. (Foto: Srikandi Cup)

DENPASAR – SportsChannelIndonesia – Tim Generasi Muda Cirebon membawa pulang dua kemenangan dari seri pertama Srikandi Cup 2018-19 di GOR Merpati, Denpasar. Kemenangan diperoleh dari Tenaga Baru Pontianak dan Sahabat Semarang. Sedangkan dua kekalahan didapat dari Scorpio dan Tanago Friesian. Kekalahan terakhir GMC didapat dari Tanago 64-69 (28-29), Sabtu (1/12) petang.

Han Tae-he, pelatih GMC asal Korsel percaya diri dengan skuad yang dimiliki. Ia meladeni permainan cepat yang dilakukan Tanago lewat point guard Tiara Aulia Denaya. Han Tae memasang point guard pintar Devina Euginia untuk mengimbangi Tiara. Han Tae malah menyimpan shooter andalan Deniece Adriana Gunarto dari posisi starter.

“Saya percaya dengan semua pemain yang saya miliki. Mereka kompak dan bisa dipercaya. Jika mereka melakukan kesalahan, itu semua wajar terjadi. Mereka masih belum menyelesaikan program yang saya siapkan untuk mereka,” ucap Han Tae di beberapa kesempatan, dan juga dalam perjalanan ke Jakarta di bandara Ngurah Rai Denpasar.

“Mereka juga bersemangat menerima semua program saya. Saya ingin memajukan bola basket Indonesia lewat mereka,” ucap Han Tae, yang tidak membuat jarak dengan para pemain.

Hal itu diakui oleh pelatih Tanago, Abrizalt ‘Jali’ Hasiholan. Dalam perjalanan ke Bandara dan berada satu mobil dengan Sports Channel Indonesia, Jali melihat ada kelebihan dari pelatih asal Korsel itu.

“Han Tae adalah pelatih yang telaten. Ia melakukan pendekatan dengan benar. Ia juga cerdik mengambil hati para pemain GMC sehingga mereka mau melakukan pola-pola yang dibuat Han Tae,” ucap Abrizalt.

Sports Channel Indonesia yang memperhatikan Han Tae, memang melihat pendekatan yang berbeda dari Han Tae. Han Tae bahkan tidak segan berbaur dengan para pemainnya entah saat berlatih keras atau usai pertandingan. Ia bahkan memberikan izin pemain untuk belanja agar melepas ketegangan.

“Saya mengizinkan pemain rekreasi ke pantai dan melakukan terapi ‘bir’ usai kalah dari Scorpio. Kebetulan anak-anak ada libur,” ucap Han Tae. Han Tae juga mengizinkan terapi bir untuk melepaskan penat.

“Saya mengizinkan anak-anak meminum bir. Saya mendapatkannya dari pengalaman di Korsel. Namun, hanya satu gelas. Tidak boleh. Jika lebih malah akan berdampak negatif,” ucap Han Tae. Hasilnya, GMC memetik kemenangan beruntun dari Tenaga Baru dan Sahabat Semarang lewat pertandingan ketat.

Kalah dari Tanago

Tanago Friesian Jakarta pulang dengan puas pada seri pertama ini. Mereka mampu membawa hasil 3 kali kemenangan dan hanya satu kali kalah. Kemenangan terakhir mereka petik atas GMC Cirebon, dengan skor ketat 69-64.

Di awal Tanago Jakarta, tertinggal 19-13. Pemain GMC Cirebon, Deniece Adriana Gunarto yang bermain hampir selama lima menit, mampu mencetak delapan poin disusul tujuh angka yang dibuat pemain GMC lainnya, Maria Leony Elvaretta. Meski sempat mengejar di kuarter kedua tapi tetap saja GMC Cirebon masih unggul setengah bola 30-29 di paruh waktu pertama.

Cedera bahu yang dialami Deniece di kuarter kedua disisa waktu 2 menit 45 detik berdampak besar bagi GMC. Tanago pun perlahan mulai bisa mengejar lewat performa Jane Charrisa Adelade dan juga Christine Tjundawan.

Abrizalt Hasiholan pelatih Tanago meramu kembali strategi untuk timnya meredam permainan cepat yang menjadi ciri khas lawan. Hasilnya, Tanago justru berbalik unggul 52-43 pada kuarter ketiga. Han Tae mencoba kembali memasukan Deniece yang pada game sebelumnya bermain sangat baik dari bangku cadangan. Satu tembakan tiga angka pun berhasil dibuatnya untuk menipiskan kedudukan menjadi 60-53.

Sayangnya pemain bernomor punggung 9 itu kembali mendapatkan cedera bahu, usai duel dalam mencuri bola di area lawan. Hal itu memacu semangat rekan-rekannya untuk dapat memberikan kemenangan. GMC sempat menipiskan kedudukan 58-60, sebelum akhirnya Tanago memperlebar jarak kembali menjadi 62-58 lewat usaha underbasket Christine Tjundawan. Meski berusaha sekuat tenaga untuk mengejar poin, namun hingga waktu usai, Tanago dapat mempertahankan kemenangan dengan selisih 5 angka.

Jane Charissa Adelaide dan Christine Tjundawan berhasil menyumbang total 29 poin untuk timnya. Jane mencetak 15 angka sedangkan Christine 14 angka. Dari tim GMC Cirebon, Maria Leony Elvaretta menjadi topskor untuk timnya dengan raihan 16 poin.

“Saya senang dengan tim ini, semua pemain kompak dan mereka welcome dengan kehadiran saya. Selanjutnya kami akan besiap untuk menatap seri berikutnya di Jakarta,” ungkap Christine Tjundawan yang musim ini bermain kembali bersama tim barunya Tanago Friesian Jakarta.

“Secara keseluruhan di seri ini saya memberikan acungan jempol untuk semua pemain saya yang bermain bagus di seri ini. Terutama barisan guard saya yang musim ini lebih merata. Kalo ada koreksi untuk mereka yaitu dimasalah konsistensi saja,” kometar Abrizalt Hasiholan yang tersenyum puas dengan kemenangan ini.

“Defense box out dan persentase free throw kami tidak begitu bagus hari ini. Kuarter keempat kami juga kurang penetrasi disaat lawan sudah mendapatkan team foul. Tapi peningkatan permainan anak-anak jauh lebih pesat di musim sebelumnya. Mungkin mereka masih adaptasi dengan pola permainan Korea Style nya coach Tae Hi Han,” ucap Hengki, asisten pelatih GMC Cirebon. Eko Widodo

Sumber: Media Officer Srikandi Cup 2018-19

Author: Eko Widodo

Pernah bekerja di Tabloid BOLA selama lebih dari 20 tahun. Berpengalaman dalam dunia jurnalistik olahraga dan liputan olahraga internasional ke lima benua selama lebih dari 20 tahun. Memilik gelar akademik STP dalam bidang Teknologi Pertanian; MM dalam Manajemen Pemasaran; dan Ph.D. dalam bidang pendidikan olahraga.

Share this post

Eko Widodo688 Posts

Pernah bekerja di Tabloid BOLA selama lebih dari 20 tahun. Berpengalaman dalam dunia jurnalistik olahraga dan liputan olahraga internasional ke lima benua selama lebih dari 20 tahun. Memilik gelar akademik STP dalam bidang Teknologi Pertanian; MM dalam Manajemen Pemasaran; dan Ph.D. dalam bidang pendidikan olahraga.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register