Srikandi Cup 2018-19: Bermain Lebih Tenang, GMC Cirebon Petik Kemenangan Pertama

DENPASAR – SportsChannelIndonesia – Generasi Muda Cirebon (GMC) Cirebon akhirnya dapat memetik kemenangan perdana di seri pertama Srikandi Cup musim 2018-2019 yang berlangsung di GOR Merpati, Denpasar, Bali (Kamis, 29/11). Melawan Tenaga Baru Pontianak, GMC menang dengan skor 66-63 (27-27).

Pelatih GMC asal Korsel, Han Tae-hi memasang lima starter Deniece Gunarto, Maria Leony Elvaretta, Christie Apriyani Rumambi, Devina Euginia, dan Celly Marcelina di awal laga. Namun, GMC malah tertinggal 0-7. Ini membuat pelatih Han Tee melakukan adjustment.

Jalannya pertandingan berlangsung dengan ketat hingga empat kuarter berlangsung. Tenaga Baru yang bermaterikan para pemain berpengalaman, harus meladeni permainan GMC Cirebon yang menerapkan pola permainan ala Korsel. Bermain ala Korsel adalah mengandalkan passing bola cepat dan melakukan pertahanan ketat dari area wilayah lawan.

Kekalahan di laga pertama melawan Scorpio Jakarta, telah dievaluasi oleh pelatih GMC Cirebon asal Korea, Han Tae. Khususnya untuk free throw, bola rebound dan juga pertahanan.

Di lain pihak, Tenaga Baru Pontianak yang bertumpu kepada kapten tim Fanny Kalumata, sebenarnya juga tampil bagus di game ini. Bahkan Fanny yang identik dan piawai dengan gerakan euro step nya, beberapa kali dengan mudahnya mengumpulkan pundi-pundi angka. Ia hampir mencetak double-double.

Satu rebound saja akan mengantarkan pemain bernomor punggung 17 itu mencatatkan rekor raihan double-double. Sayangnya, ia hanya mampu mengemas 9 rebound saja, mengiringi total 20 poin yang ia cetak di hari ini.

Pertandingan sejatinya berjalan dengan ketat mulai dari kuarter pertama hingga kuarter akhir berlangsung. Tenaga Baru bahkan unggul di 10 menit pertama (18-16), sebelum akhirnya GMC mengimbangi kedudukan menutup jeda half time (27-27).

“Kita harus bekerja keras di babak kedua,” ucap Wahyu Gunarto, ketua tim GMC. “Anak anak sudah menunjukkan kemampuan dan semangat yang luar biasa. Itulah yang terus kami jaga,” ucap Wahyu pada acara Halftime di GREATS GMC.

Kedua tim kembali saling mengejar angka pada kuarter ketiga. Tapi akhirnya kembali Tenaga Baru yang unggul 46-44.

Drama baru terjadi di kuarter keempat. Dimulai dari dua kali tembakan tiga angka pemain Tenaga Baru, Fergie Kawengian, yang mampu mengejar defisit enam angka dan skor pun menjadi sama 59-59.

Hampir saja pertandingan diprediksi akan berjalan dengan waktu tambahan. Tapi hal itu tidak terjadi, dikarenakan tembakan tiga angka pemain GMC bernomor punggung 6 yakni Bella Sthefani, berhasil masuk di sisa 17 detik waktu usai, skor akhir pun menjadi 66-63. GMC pun keluar sebagai pemenang. Dua pemain GMC Cirebon yakni Bella Sthefani dan Deniece Adriana Gunarto sama-sama mencetak 12 angka pada pertandingan hari ini.

“Setelah kalah dari Scorpio, pelatih mengevaluasi kinerja kami dalam hal free throw, rebound dan cara bertahan kami. Puji Tuhan hari ini kami menang dan bisa bermain lebih baik dari game sebelumnya.” Ujar Christie Apriyani Rumambi, kapten tim GMC Cirebon yang musim lalu bermain untuk tim Merah Putih Jakarta.

Hal yang sama diungkapkan Bela usai laga. “Senang tentunya karena kami menang. Bintang lapangan hari ini adalah semua pemain,” ucap Bella di program acara GREATS GMC.

“Anak-anak sebenarnya bermain bagus hari ini. Mungkin dewi fortuna yang belum berpihak kepada kami. Pemain kami juga belum komplit, tapi cepat atau lambat kami pasti meraih kemenangan,” papar Irma Amelya, pelatih Tenaga Baru Pontianak kepada awak media.

Selanjutnya Tenaga Baru Pontianak akan menghadapi pemuncak klasemen Tanago Friesian Jakarta (Jumat, 30/11/2018) dan GMC Cirebon berhadapan dengan Sahabat Semarang. Eko Widodo

Sumber: Srikandi Cup Media Officer

Author: Eko Widodo

Pernah bekerja di Tabloid BOLA selama lebih dari 20 tahun. Berpengalaman dalam dunia jurnalistik olahraga dan liputan olahraga internasional ke lima benua selama lebih dari 20 tahun. Memilik gelar akademik STP dalam bidang Teknologi Pertanian; MM dalam Manajemen Pemasaran; dan Ph.D. dalam bidang pendidikan olahraga.

Share this post

Eko Widodo688 Posts

Pernah bekerja di Tabloid BOLA selama lebih dari 20 tahun. Berpengalaman dalam dunia jurnalistik olahraga dan liputan olahraga internasional ke lima benua selama lebih dari 20 tahun. Memilik gelar akademik STP dalam bidang Teknologi Pertanian; MM dalam Manajemen Pemasaran; dan Ph.D. dalam bidang pendidikan olahraga.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Don't have account. Register

Lost Password

Register