breaking news New

Srikandi Cup 2018-19 seri 2: Bangkit, GMC Bermain dengan Hati dan Menang

Maria Leony Elvaretta, menjadi penentu kemenangan GMC Cirebon atas Tenaga Baru Pontianak lewat overtime. [FOTO: TOTO DHARMADJI/SCI]

JAKARTA – SportsChannelIndonesia – Generasi Muda Cirebon (GMC) Cirebon akhirnya memetik kemenangan pertama di Srikandi Cup Seri 2 Jakarta. Pada event yang berlangsung di GOR Grogol, Jakarta Barat, Rabu (13/2), GMC mampu menang 74-72 (40-32, 66-66) atas Tenaga Baru Pontianak. Sehari sebelumnya, GMC kalah dari Flying Wheel Makassar.

STATISTIK PERTANDINGAN: GMC VS TENAGA BARU

Kemenangan GMC tidak lepas dari penampilan produktif kapten tim Christie Apriyani Rumambi. Itie pada pertandingan ini membuat 27 poin, sembilan rebound, tiga assist, dan lima steal.

Penampilan cemerlang adalah Maria Leony Elvaretta yang juga bermain bagus dengan menorehkan 16 angka. Sementara tiga pemain Tenaga Baru Pontianak masing-masing mencetak 13 angka bersamaan, yakni Anjelin Simanjuntak, Fanny Kalumata, dan Calista Elvira.

Pertandingan berlangsung seru sejak awal pertandingan. Sempat tertinggal di kuarter pertama 18-19, GMC Cirebon langsung membalas pada kuarter kedua 40-32. GMC merebut kuarter kedua dengan 22-13.

Sayangnya konsistensi permainan anak asuh pelatih asal Korea Selatan, Han Tae-hi selalu naik turun, khususnya memasuki kuarter ketiga dan keempat. Pola permainan cepat ala Korsel sebenarnya terbukti ampuh. Namun, absennya dua pemain andalan yang mengalami cedera, Deniece dan Nykitta, membuat skema yang disusun Han Tae harus di adjust ulang.

Han Tae banyak berharap pada pemain baru seperti Isabelle Suryaman. “Saya memang baru beradaptasi lagi dengan para pemain GMC. Lama juga tidak tampil di lapangan,” ucap Belle, usai pertandingan dalam acara GREATS GMC di Sports Channel Indonesia.

VIDEO: TEKAD ISABELLE SURYAMAN DI GMC CIREBON

Terbukti tanpa dua pemain itu, dalam dua pertandingan terakhir, GMC Cirebon seperti sulit bermain secara konsisten di kuarter ketiga dan keempat. Meski pada pertandingan kuarter kedua ini mereka mampu unggul delapan poin (40-32), Namun dua kuarter berikutnya mereka kerap kedodoran dan selalu terkejar oleh lawan.

“Permainan sekarang jauh lebih cepat. Anak-anak harus tampil konsisten. Inilah tantangan. Namun, anak-anak belajar dari kekalahan dari Flying Wheel. Mereka bisa move on,” kata Yauwati Joesoef, pengurus GMC Cirebon.

Bahkan, kuarter ketiga mereka hampir saja di salip oleh Tenaga Baru, untungnya mereka masih bisa unggul dua angka saja 50-48. Kekalahan atas Flying Wheel Makssar pada pertandingan kemarin pun hampir saja terulang.

GMC Cirebon yang awalnya sudah leading dan menang pada awal kuarter ke empat, akhirnya berhasil dikejar 66-66. Akhirnya memaksa lima menit waktu tambahan lagi.

Untunglah Christie Rumambi bisa membawa teman-temannya kembali bermain dengan tenang dan akhirnya mereka menambah enam angka lagi. Salah satu poin penentu kemenangan GMC Cirebon di babak ini adalah hasil tembakan dua angka Maria Leony Elvaretta dan dilanjutkan bola steal Devina Eugina tiga detik sebelum waktu usai, memanfaatkan kesalahan yang dibuat kapten tim Tenaga Baru Pontianak Fanny Kalumata.

Pada pertandingan ini, GMC lebih unggul dalam urusan bola rebound 43, sedangkan lawannya membuat 40. Kemudian Selain itu anak-anak Cirebon juga lebih banyak mencetak poin dari tembakan tiga angka 7 kali, sementara Tenaga Baru hanya mampu membuat 6 tembakan saja.

“Sebenarnya kami bisa mengambil game ini. Cuma kita bermain kurang tenang saja di kuarter keempat. Tapi pertandingan berikutnya masih banyak dan kita akan coba bangkit lagi dan terus berjuang hingga babak playoff nanti,“ ujar Calista Elvira.

“Di awal pelatih bilang supaya kita fokus untuk defense dan bermain lebih sabar. Untuk komunikasi tim lebih baik dari game sebelumnya,” komentar Christie Rumambi. “Saya memang terus memotivasi rekan-rekan untuk fight sampai laga usai. Saya selalu mengatakan anak-anak agar melakukan yang terbaik untuk orang baik,” ucap Christie.

“Kendala kami di fisik, coach Han Tae sebenarnya ingin kita bermain ala Korea selama empat kuarter. Tapi sejauh ini kami masih sulit untuk bisa berlatih bersama karena ada beberapa pemain yang tinggal di luar kota dan praktis kami bisa latihan hanya Jumat, Sabtu, Minggu. Game plan tadi berjalan dengan baik yakni 70% konsentrasi kami adalah defense,“ kata Wahyu Gunarto, asisten sekaligus pemilik klub GMC Cirebon.

Selanjutnya GMC Cirebon akan bertanding kembali pada hari Kamis (14/2) melawan Scorpio Jakarta. Sementara Tenaga Baru Pontianak akan bertemu dengan Flying Wheel Makassar, pada hari Jumat (15/2). Eko Widodo

Sumber: Srikandi Cup 2018-19; Livestats
Foto-Foto: Toto Dharmadji/Sports Channel Indonesia

Author: Eko Widodo

Pernah bekerja di Tabloid BOLA selama lebih dari 20 tahun. Berpengalaman dalam dunia jurnalistik olahraga dan liputan olahraga internasional ke lima benua selama lebih dari 20 tahun. Memilik gelar akademik STP dalam bidang Teknologi Pertanian; MM dalam Manajemen Pemasaran; dan Ph.D. dalam bidang pendidikan olahraga.

Share this post

Eko Widodo1020 Posts

Pernah bekerja di Tabloid BOLA selama lebih dari 20 tahun. Berpengalaman dalam dunia jurnalistik olahraga dan liputan olahraga internasional ke lima benua selama lebih dari 20 tahun. Memilik gelar akademik STP dalam bidang Teknologi Pertanian; MM dalam Manajemen Pemasaran; dan Ph.D. dalam bidang pendidikan olahraga.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password