Tenis: Langkah Emas Aldila/Christo Terulang

Tenis: Langkah Emas Aldila/Christo Terulang (Foto: Dwi Ari Setyadi/Pelti)

PALEMBANG – SportsChannelIndonesia – Pasangan Aldila Sutjiadi (23 tahun)/Christopher Rungkat (28) menggapai partai puncak tenis ganda campuran Asian Games 2018. Unggulan ke-11 itu sukses menumbangkan wakil Jepang, Erina Hayashi/Kaito Uesugi pada laga semi final di Jakabaring Tennis Center Palembang, Jumat (24/8). Aldila/Christo menang straight set dengan skor akhir 7-6(3) 6-4.

“Kami bermain cukup baik, namun memang mengalami kesulitan karena lawan terutama yang wanita tampil bagus, permainannya cepat ketika berada di depan,” tutur Aldila.

“Ketika ketinggalan 5-6 dalam posisi 15-40, kami bisa membalikkan keadaan dengan mematahkan servis lawan untuk memaksakan tie break. Setelah itu momentum ada pada kami, apalagi terbantu dengan jeda menjelang set kedua karena hujan,” timpal Christo.

“Di set kedua kami tampil solid dan lebih agresif,” imbuhnya.
Di final, Sabtu (25/8), Aldila/Christo bakal berjibaku dalam duel kawasan Asia Tenggara menghadapi seeded kelima, Luksika Kumkhum/Sonchat Ratiwatana dari Thailand yang mengalahkan Anna Danilina/Aleksandr Nedovyesov asal Kazakhstan 4-6 6-4 [12-10].

“Yang pasti saya sudah cukup mengenal permainan Sonchat. Mereka cukup tangguh, namun karena ini sudah partai final kami pasti akan memberikan yang terbaik untuk Merah Putih,” tandas Christo.

Christo memenangi duel ganda campuran atas Sonchat di semi final SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia. Christo ketika itu berpasangan dengan Jessy Rompies unggul atas Sonchat yang berduet dengan Peangtarn Plipuech, 6-2 7-6(7) [10-3].

Keberhasilan Aldila/Christo melaju ke partai pamungkas ini membawa kembali periode medali Asian Games dari lapangan tenis bagi kontingen Indonesia setelah terhenti sejak 2006. Medali terakhir tenis Merah Putih adalah emas beregu putri dan perak ganda putri Asian Games 2002 di Busan, Korea Selatan.

Sedangkan, satu-satunya ganda campuran Indonesia yang memboyong medali emas di ajang ini adalah Yayuk Basuki/Suharyadi di Asian Games 1990 di Beijing, Cina. Eko Widodo

Hasil Jumat (24/8)
Semi Final
11-Aldila Sutjiadi/Christopher Rungkat v 12-Erina Hayashi/Kaito Uesugi (Jepang) 7-6(3) 6-4
Jadwal Sabtu (25/8)
Final
11-Aldila Sutjiadi/Christopher Rungkat v 5-Luksika Kumkhum/Sonchat Ratiwatana (Thailand)

Sumber: PP PELTI; Foto: Dwi Ari Setyadi

Author: Eko Widodo

Pernah bekerja di Tabloid BOLA selama lebih dari 20 tahun. Berpengalaman dalam dunia jurnalistik olahraga dan liputan olahraga internasional ke lima benua selama lebih dari 20 tahun. Memilik gelar akademik STP dalam bidang Teknologi Pertanian; MM dalam Manajemen Pemasaran; dan Ph.D. dalam bidang pendidikan olahraga.

Share this post

Eko Widodo1280 Posts

Pernah bekerja di Tabloid BOLA selama lebih dari 20 tahun. Berpengalaman dalam dunia jurnalistik olahraga dan liputan olahraga internasional ke lima benua selama lebih dari 20 tahun. Memilik gelar akademik STP dalam bidang Teknologi Pertanian; MM dalam Manajemen Pemasaran; dan Ph.D. dalam bidang pendidikan olahraga.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password